sudnya terang, tegas, dan dapat dipahami dengan mudah.
85) Ayat mutasyabihat adalah ayat yang mengandung beberapa pengertian, sulit dipahami, atau hanya Allah Swt.
yang mengetahui.
JUZ 3 67 3. ALI 'IMRAN
11. (Keadaan mereka) seperti keadaan pe-
ngikut Fir'aun dan orang orang sebelum
-11
mereka. Mereka mendustakan ayat ayat Kami. Oleh sebab itu, Allah menyiksa
Ancaman Kekalahan bagi Orang-orang Yahudi
12. Katakanlah (Nabi Muhammad) kepada
orang-orang yang kufur, "Kamu (pasti)
-12
akan dikalahkan dan digiring ke dalam
(neraka) Jahanam. Itulah seburuk buruk
tempat tinggal."
13. Sungguh, telah ada tanda (bukti) bagimu
pada dua golongan yang bertemu (da
-13
lam pertempuran.86) Satu golongan ber perang di jalan Allah dan (golongan) yang lain kafir yang melihat dengan mata kepala bahwa mereka (golongan
muslim) dua kali lipat jumlahnya. Allah menguatkan siapa yang Dia kehendaki dengan pertolongan Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat pelajaran bagi orang orang yang mempunyai penglihatan (mata hati).
Hakikat Kehidupan Dunia dan Pahala bagi Orang Bertakwa
14. Dijadikan indah bagi manusia kecintaan
-14
pada aneka kesenangan yang berupa
perempuan, anak anak, harta benda
yang bertimbun tak terhingga berupa
emas, perak, kuda pilihan, binatang
senangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik.
15. Katakanlah, "Maukah aku beri tahukan kepadamu sesuatu yang lebih baik daripada yang demikian itu" Untuk orang orang yang bertakwa, di sisi
-15
86) Pertempuran antara dua golongan yang dimaksudkan oleh ayat ini terjadi antara kaum muslim dan kaum musyrik pada Perang Badar tahun ke 2 Hijriah di barat daya Madinah.
3. ALI 'IMRAN 68 JUZ 3
Tuhan mereka ada surga surga yang
mengalir di bawahnya sungai sungai.
Mereka kekal di dalamnya dan (untuk
mereka) pasangan yang disucikan serta rida Allah. Allah Maha Melihat hamba hamba Nya.
Kriteria Orang yang Bertakwa
16. (Yaitu) orang orang yang berdoa, "Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami benar
-16
benar telah beriman. Maka, ampunilah dosa dosa kami dan selamatkanlah kami dari azab neraka."
17. (Juga) orang orang yang sabar, benar, taat, dan berinfak, serta memohon ampunan pada akhir malam.
Keesaan Allah dan Kebenaran Islam
-17
18. Allah menyatakan bahwa tidak ada
-18
tuhan selain Dia, (Allah) yang menegak
kan keadilan. (Demikian pula) para malaikat dan orang berilmu. Tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.
19. Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah ialah Islam. Orang orang yang
-19
telah diberi kitab tidak berselisih, kecuali
setelah datang pengetahuan kepada
mereka karena kedengkian di antara
mereka. Siapa yang kufur terhadap ayat
ayat Allah, sesungguhnya Allah sangat cepat perhitungan( Nya).
20. Jika mereka mendebat engkau (Nabi
-20
Muhammad) katakanlah, "Aku berserah
diri kepada Allah dan (demikian pula)
kanlah kepada orang orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah diberi Kitab (Taurat dan Injil) dan kepada orang orang yang umi,87) "Sudahkah kamu masuk Islam" Jika mereka telah masuk Islam, sungguh mereka telah mendapat petunjuk.
87) Kata umi yang dimaksud dalam ayat ini adalah orang yang tidak mendapat kitab suci.
JUZ 3 69 3. ALI 'IMRAN
Akan tetapi, jika mereka berpaling, sesungguhnya kewajibanmu hanyalah menyampaikan. Allah Maha Melihat hamba hamba Nya.
Celaan kepada Orang Kafir dan Ahlulkitab
21. Sesungguhnya orang orang yang kufur
-21
terhadap ayat ayat Allah, membunuh
para nabi tanpa hak (alasan yang benar),
dan membunuh manusia yang me
merintahkan keadilan, sampaikanlah kepada mereka kabar 'gembira' tentang
azab yang pedih.
22. Mereka itulah orang orang yang amalnya
sia-sia di dunia dan di akhirat dan tidak
-22
ada bagi mereka satu penolong pun.
23. Tidakkah engkau (Nabi Muhammad)
-23
memerhatikan orang orang (Yahudi) yang telah diberi bagian (pengetahuan) kitab (Taurat) Mereka diajak (berpe gang) pada kitab Allah untuk memutuskan (perkara) di antara mereka, kemudian segolongan dari mereka berpaling dan menolak (kebenaran).
24. Demikian itu disebabkan bahwa mereka
-24
berkata, "Api neraka tidak akan me-
nyentuh kami, kecuali beberapa hitungan hari saja." Mereka teperdaya dalam agamanya oleh apa yang selalu mereka
ada adakan.
25. Bagaimanakah (nanti) jika mereka Kami kumpulkan pada hari (Kiamat) yang tidak ada keraguan padanya dan setiap jiwa diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang telah dikerjakannya tanpa dizalimi
-25
Allah sebagai Pemilik Kekuasaan, Kemuliaan, dan Rezeki
26. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Wahai Allah, Pemilik kekuasaan, Engkau beri kan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut
3. ALI 'IMRAN 70 JUZ 3
kekuasaan dari siapa yang Engkau ke hendaki. Engkau muliakan siapa yang
Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan Mulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.
27. Engkau masukkan malam ke dalam siang
-27
malam. Engkau keluarkan yang hidup dari
dari yang hidup. Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan."
Larangan Menjadikan Orang Kafir sebagai
Wali
28. Janganlah orang orang mukmin men
-28
jadikan orang kafir sebagai para wali88)
dengan mengesampingkan orang orang mukmin. Siapa yang melakukan itu, hal itu sama sekali bukan dari (ajaran) Allah, kecuali untuk menjaga diri dari sesuatu yang kamu takuti dari mereka. Allah memperingatkan kamu tentang diri Nya (siksa Nya). Hanya kepada Allah tempat kembali.
Ilmu Allah dan Amal Dihadirkan pada Hari Kiamat
29. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Jika kamu menyembunyikan apa yang ada
-29
dalam hatimu atau kamu menampak-
kannya, Allah pasti mengetahuinya." Dia
mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
30. (Ingatlah) pada hari (ketika) setiap jiwa
-30
mendapatkan (balasan) atas kebajikan
yang telah dikerjakannya dihadirkan, (begitu juga balasan) atas kejahatan
88) Kata auliya' adalah bentuk jamak dari kata waliy. Secara harfiah kata ini berarti 'dekat' sehingga menunjukkan makna 'teman dekat', 'teman akrab', 'teman setia', 'kekasih', 'penolong', 'sekutu', 'pelindung', 'pembela', dan 'pemimpin'. Kata waliy dan auliya' dalam Al Qur'an diulang 41 kali. Maknanya berbeda beda sesuai dengan konteks ayat.
JUZ 3 71 3. ALI 'IMRAN
yang telah dia kerjakan. Dia berharap seandainya ada jarak yang jauh antara dia dan hari itu. Allah memperingat kan kamu akan (siksa) Nya. Allah Maha Penyayang terhadap hamba hamba Nya.
Mengikuti Rasulullah sebagai Bukti Cinta
kepada Allah
31. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Jika
-31
kamu mencintai Allah, ikutilah aku,
niscaya Allah akan mencintaimu dan me
ngampuni dosa dosamu." Allah Maha
Pengampun lagi Maha Penyayang.
32. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Taati-
-32
lah Allah dan Rasul( Nya). Jika kamu
berpaling, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir."
Orang-Orang Pilihan Allah
33. Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga
-33
Imran atas seluruh alam (manusia pada zamannya masing masing).
34. (Mereka adalah) satu keturunan, se bagiannya adalah (keturunan) dari se bagian yang lain. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
-34
Kelahiran Maryam, Tumbuh Kembang, dan Karamahnya
35. (Ingatlah) ketika istri Imran89) berkata,
-35
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku me
nazarkan kepada Mu apa yang ada di dalam kandunganku murni untuk Mu (berkhidmat di Baitulmaqdis). Maka, te rimalah (nazar itu) dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."
36. Ketika melahirkannya, dia berkata,
-36
"Wahai Tuhanku, aku telah melahirkan
anak perempuan." Padahal, Allah lebih tahu apa yang dia (istri Imran) lahirkan.
89) Istri Imran yang merupakan ibunda Maryam adalah Hanna binti Faqud. Nabi Zakaria a.s. menikahi saudari
perempuan Hanna sehingga Maryam adalah keponakannya.
3. ALI 'IMRAN 72 JUZ 3
"Laki-laki tidak sama dengan perem-
puan. Aku memberinya nama Maryam
serta memohon perlindungan Mu untuk nya dan anak cucunya dari setan yang terkutuk."
37. Dia (Allah) menerimanya (Maryam)
-37
dengan penerimaan yang baik, mem besarkannya dengan pertumbuhan yang baik, dan menyerahkan pemeliharaan nya kepada Zakaria. Setiap kali Zakaria
mendapati makanan di sisinya. Dia ber-
kata, "Wahai Maryam, dari mana ini
engkau peroleh" Dia (Maryam) men jawab, "Itu dari Allah." Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki tanpa perhitungan.
Doa Nabi Zakaria dan Berita Gembira Kelahiran Yahya
38. Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata, "Wahai Tuhan ku, karuniakanlah kepadaku keturunan yang baik dari sisi Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."
39. Lalu, Malaikat (Jibril) memanggilnya ketika dia berdiri melaksanakan salat di mihrab, "Allah menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan (kelahiran)
-38
-39
diri (dari hawa nafsu), dan seorang nabi di antara orang orang saleh."
40. Dia (Zakaria) berkata, "Wahai Tuhanku,
-40
bagaimana aku bisa mendapat anak,
sedangkan aku sudah sangat tua dan
istriku pun mandul" (Allah) berfirman,
"Demikianlah, Allah melakukan apa
yang Dia kehendaki."
41. Dia (Zakaria) berkata, "Wahai Tuhanku,
berilah aku suatu tanda (kehamilan
-41
90) Membenarkan kedatangan seorang nabi yang diciptakan dengan kata kun ('jadilah!') tanpa ayah, yaitu Nabi Isa a.s.
JUZ 3 73 3. ALI 'IMRAN
istriku)." Allah berfirman, "Tandanya
berbicara dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak banyaknya dan bertasbihlah pada waktu petang dan pagi hari."
Keutamaan Maryam dan Kabar Gembira Kelahiran Isa
42. (Ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) ber-
kata, "Wahai Maryam, sesungguhnya
-42
Allah telah memilihmu, menyucikan mu, dan melebihkanmu di atas seluruh perempuan di semesta alam (pada masa itu).
43. Wahai Maryam, taatlah kepada Tuhan mu, sujudlah, dan rukuklah bersama orang orang yang rukuk."
-43
44. Itulah sebagian dari berita berita
-44
(Nabi Muhammad). Padahal, engkau
mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam dan engkau tidak bersama mereka ketika mereka bersengketa.
45. (Ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) ber-
-45
kata, "Wahai Maryam, sesungguhnya
Allah menyampaikan kabar gembira ke
padamu tentang (kelahiran anak yang
diciptakan) dengan kalimat dari Nya, namanya Isa Almasih putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat serta termasuk orang orang yang didekatkan (kepada Allah).
46. Dia berbicara dengan manusia (sewaktu) dalam buaian dan ketika sudah dewasa serta termasuk orang orang saleh."
-46
91) Maksudnya, para tokoh agama di Baitulmaqdis mengundi siapa yang akan mengurus Maryam dengan melem parkan pena yang biasa mereka gunakan untuk menulis Taurat atau dengan melempar anak panah.
3. ALI 'IMRAN 74 JUZ 3
47. Dia (Maryam) berkata, "Wahai Tuhan
-47
ku, bagaimana mungkin aku akan mem
punyai anak, padahal tidak ada seorang
laki laki pun yang menyentuhku" Dia
(Allah) berfirman, "Demikianlah, Allah
menciptakan apa yang Dia kehendaki." Apabila Dia hendak menetapkan se suatu, Dia hanya berkata padanya, "Jadi lah!" Maka, jadilah sesuatu itu.
Sifat-Sifat Nabi Isa, Mukjizat, dan Dakwahnya
48. Dia (Allah) mengajarkan kepadanya (Isa) kitab,92) hikmah,93) Taurat, dan Injil.
-48
49. (Allah akan menjadikannya) sebagai se
-49
kata,) "Sesungguhnya aku telah datang
Tuhanmu, sesungguhnya aku mem buatkan bagimu (sesuatu) dari tanah yang berbentuk seperti burung. Lalu,
aku meniupnya sehingga menjadi se
ekor burung dengan izin Allah. Aku
menyembuhkan orang yang buta sejak
dari lahir dan orang yang berpenyakit
menghidupkan Aku serta (belang) buras
orang-orang mati dengan izin Allah. Aku
beri tahukan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda (kerasulanku) bagimu jika kamu orang orang mukmin.
50. (Aku diutus untuk) membenarkan
-50
dan untuk menghalalkan bagi kamu sebagian perkara yang telah diharam
kan untukmu. Aku datang kepadamu dengan membawa tanda (mukjizat) dari Tuhanmu. Oleh karena itu, ber takwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku.
92) Maksud kitab di sini adalah menulis dengan tangan.
93) Lihat catatan kaki surah al-Baqarah/2: 129.
JUZ 3 75 3. ALI 'IMRAN
51. Sesungguhnya Allah itu Tuhanku dan Tuhanmu. Oleh karena itu, sembahlah
-51
Dia. Inilah jalan yang lurus."
Dukungan Kaum Hawari kepada Nabi Isa
52. Ketika Isa merasakan kekufuran mereka
-52
akan menjadi penolongku untuk (me
negakkan agama) Allah" Para hawari
(sahabat setianya) menjawab, "Kamilah penolong (agama) Allah. Kami beriman kepada Allah dan saksikanlah sesung guhnya kami adalah orang orang muslim.
53. Wahai Tuhan kami, kami telah beriman pada apa yang Engkau turunkan dan
-53
kami telah mengikuti Rasul. Oleh karena itu, tetapkanlah kami bersama orang orang yang memberikan kesaksian."
54. Mereka (orang-orang kafir) membuat tipu daya dan Allah pun membalas tipu daya (mereka). Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.
-54
Kemuliaan Nabi Isa serta Balasan bagi
Orang Kafir dan Mukmin
55. (Ingatlah) ketika Allah berfirman, "Wahai
-55
Isa, sesungguhnya Aku mengambilmu,
mengangkatmu kepada Ku, menyuci
kanmu dari orang orang yang kufur, dan
menjadikan orang orang yang meng
ikutimu lebih unggul daripada orang-
orang yang kufur hingga hari Kiamat.
lalu Aku beri keputusan tentang apa yang selalu kamu perselisihkan.
56. Adapun orang orang yang kufur akan Aku
-56
azab mereka dengan azab yang sangat
keras di dunia dan di akhirat dan sekali
kali tidak ada penolong bagi mereka."
57. Sementara itu, orang orang yang ber iman dan beramal saleh akan Dia berikan pahala mereka dengan sempurna. Allah tidak menyukai orang-orang zalim.
-57
3. ALI 'IMRAN 76 JUZ 3
58. Itulah (kisah Isa) yang Kami bacakan ke padamu (Nabi Muhammad) sebagian bukti-bukti (kebenaranmu sebagai rasul) dan peringatan yang penuh hikmah (Al Qur'an).
Keserupaan antara Penciptaan Nabi Isa dan Nabi Adam serta Ajakan untuk Mubahalah tentang Nabi Isa
-58
59. Sesungguhnya perumpamaan (pencip
-59
ciptaan) Adam. Dia menciptakannya dari tanah kemudian berfirman kepadanya, "Jadilah!" Maka, jadilah sesuatu itu.
60. Kebenaran itu dari Tuhanmu. Oleh karena itu, janganlah engkau (Nabi Muhammad) termasuk orang orang yang ragu.
-60
61. Siapa yang membantahmu dalam hal
-61
ini setelah datang ilmu kepadamu,
maka katakanlah (Nabi Muhammad), "Marilah kita panggil anak anak kami
dan anak anak kamu, istri istri kami dan istri istri kamu, diri kami dan diri kamu,
kemudian marilah kita bermubahalah94) agar laknat Allah ditimpakan kepada para pendusta."
62. Sesungguhnya ini benar benar kisah
-62
yang hak. Tidak ada tuhan selain Allah,
dan sesungguhnya Allahlah yang benar
benar Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.
63. Jika mereka berpaling, (ketahuilah) bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui orang orang yang berbuat kerusakan.
-63
Tauhid sebagai Ajaran Para Nabi dan Pengakuan Yahudi dan Nasrani tentang Agama Nabi Ibrahim
64. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Wahai
-64
Ahlulkitab, marilah (kita) menuju pada
satu kalimat (pegangan) yang sama
antara kami dan kamu, (yakni) kita tidak
94) Mubahalah berarti setiap pihak yang berselisih berdoa dengan sungguh-sungguh agar Allah Swt. menjatuhkan laknat kepada pihak yang berdusta. Nabi Muhammad saw. mengajak utusan Nasrani Najran bermubahalah, tetapi mereka tidak berani. Hal ini menjadi bukti kebenaran akidah Islam tentang Isa a.s.
JUZ 3 77 3. ALI 'IMRAN
menyembah selain Allah, kita tidak
mempersekutukan Nya dengan sesuatu
apa pun, dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan tuhan selain Allah." Jika mereka berpaling, katakanlah (kepada mereka), "Saksikanlah bahwa sesungguhnya ka mi adalah orang orang muslim.
65. Wahai Ahlulkitab, mengapa kamu ber
-65
bantah bantahan95) tentang Ibrahim
Padahal, Taurat dan Injil tidak diturunkan,
kamu tidak mengerti
66. Begitulah kamu. Kamu berbantah bantahan tentang apa yang kamu ke
-66
tahui,96) tetapi mengapa kamu ber bantah bantahan (juga) tentang apa yang tidak kamu ketahui97) Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.
67. Ibrahim bukanlah seorang Yahudi dan
-67
kan dia adalah seorang yang hanif98) lagi berserah diri (muslim). Dia bukan pula termasuk (golongan) orang orang musyrik.
68. Sesungguhnya orang yang paling dekat
-68
dengan Ibrahim adalah orang orang yang
mengikutinya, Nabi ini (Nabi Muham- mad), dan orang orang yang beriman. Allah adalah pelindung orang orang mukmin.
Kedengkian Orang Yahudi terhadap Umat
Islam
69. Segolongan Ahlulkitab ingin menye
satkan kamu. Padahal, mereka tidak
-69
95) Orang Yahudi dan Nasrani masing masing menganggap bahwa Nabi Ibrahim a.s. itu dari golongannya. Lalu, Allah Swt. membantah mereka dengan alasan bahwa Nabi Ibrahim a.s. itu datang sebelum mereka.
96) Perkara yang diketahui oleh Ahlulkitab adalah perihal Nabi Musa a.s., Nabi Isa a.s., dan Nabi Muhammad saw.
97) Perkara yang tidak diketahui oleh Ahlulkitab adalah perihal Nabi Ibrahim a.s.
98) Hanif berarti jauh dari syirik (mempersekutukan Allah Swt.) dan jauh dari kesesatan.
3. ALI 'IMRAN 78 JUZ 3
menyesatkan (siapa pun), kecuali diri mereka sendiri. Akan tetapi, mereka tidak sadar.
70. Wahai Ahlulkitab, mengapa kamu meng
-70
ingkari ayat ayat Allah,99) padahal kamu
mengetahui (kebenarannya)
71. Wahai Ahlulkitab, mengapa kamu men
-71
campuradukkan yang hak dengan yang
batil100) dan kamu menyembunyikan ke benaran,101) padahal kamu mengetahui
72. Segolongan Ahlulkitab berkata (kepada sesamanya), "Berimanlah kamu pada apa yang diturunkan kepada orang
-72
orang yang beriman pada awal siang
dan ingkarlah pada akhir (siang) agar
mereka kembali (pada kekufuran).
73. Janganlah kamu percaya selain kepada
-73
orang yang mengikuti agamamu."102)
Katakanlah (Nabi Muhammad), "Sesung
guhnya petunjuk (yang sempurna) itu
hanyalah petunjuk Allah. (Janganlah
kamu percaya) bahwa seseorang akan
diberi seperti apa yang diberikan kepada
kamu atau mereka akan menyanggah
kamu di hadapan Tuhanmu." Katakan
lah (Nabi Muhammad), "Sesungguhnya karunia itu di tangan Allah. Dia meng anugerahkannya kepada siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui."
74. Dia menentukan rahmat Nya kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah memiliki karunia yang besar.
-74
99) Maksudnya adalah ayat ayat Allah Swt. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.
100) Mencampuradukkan antara hak dan batil maksudnya adalah mencampuradukkan antara ayat ayat Tuhan yang disampaikan oleh para nabi dengan takwilan takwilan batil yang dikemukakan oleh para pemuka agama mereka.
101) Yang dimaksud dengan menyembunyikan kebenaran adalah menutupi firman Tuhan yang dibawa oleh para nabi, yang berisi ajaran tauhid dan berita gembira tentang kedatangan Nabi Muhammad saw.
102) Yakni kepada orang yang seagama dengan kamu (Yahudi atau Nasrani) agar mereka tidak masuk Islam atau kepada orang orang Yahudi atau Nasrani yang sudah telanjur masuk Islam agar iman mereka guncang dan kembali pada agama mereka semula.
JUZ 3 79 3. ALI 'IMRAN
Pengakuan atas Perilaku Baik Ahlulkitab
dan Ancaman atas Keburukan Mereka
75. Di antara Ahlulkitab ada orang yang jika
-75
engkau percayakan kepadanya harta
yang banyak, niscaya dia mengembali
kannya kepadamu. Akan tetapi, ada
(pula) di antara mereka orang yang jika
engkau percayakan kepadanya satu
dinar, dia tidak mengembalikannya
menagihnya. Yang demikian itu dise babkan mereka berkata, "Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang orang umi."103) Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.
76. Bukan begitu! Siapa yang menepati
janji dan bertakwa, sesungguhnya Allah
-76
mencintai orang orang yang bertakwa.
77. Sesungguhnya orang orang yang mem
-77
perjualbelikan janji Allah dan sumpah
sumpah mereka dengan harga murah,
mereka itu tidak memperoleh bagian di akhirat, Allah tidak akan menyapa mereka, tidak akan memperhatikan mereka pada hari Kiamat, dan tidak akan menyucikan mereka. Bagi mereka
azab yang pedih.
78. Sesungguhnya di antara mereka (Bani
-78
Israil) ada segolongan yang memutar
mutar lidahnya (ketika membaca) Alkitab
agar kamu menyangka (yang mereka
baca) itu sebagian dari Alkitab. Padahal,
"Itu dari Allah." Padahal, itu bukan dari Allah. Mereka mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, sedangkan mereka mengetahui.
103) Pengertian umi dapat dilihat pada catatan kaki ayat ke 20. Mereka beranggapan bahwa mereka boleh memperoleh harta dengan cara menipu orang-orang yang tidak seagama dengan mereka. Menurut mereka, Allah Swt. membolehkan cara semacam itu. Hal ini tidak benar karena menipu adalah perbuatan yang dilarang oleh agama.
3. ALI 'IMRAN 80 JUZ 3
Kebohongan Ahlulkitab terhadap Para Nabi
79. Tidak sepatutnya seseorang diberi Alkitab, hukum, dan kenabian oleh Allah,
-79
kemudian dia berkata kepada manusia, "Jadilah kamu para penyembahku, bukan
(penyembah) Allah," tetapi (hendaknya
Allah karena kamu selalu mengajarkan
80. Tidak (sepatutnya) pula dia menyuruh
-80
kamu menjadikan para malaikat dan
para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruh kamu (berbuat) kekufuran setelah kamu menjadi muslim
Janji Para Rasul untuk Membenarkan
81. (Ingatlah) ketika Allah mengambil per-
-81
janjian dari para nabi, "Manakala Aku memberikan kitab dan hikmah kepada
rasul yang membenarkan apa yang ada pada kamu, niscaya kamu akan sungguh
sungguh beriman kepadanya dan me nolongnya."104) Allah berfirman, "Apakah
kamu mengakui dan menerima perjanji
an dengan Ku atas yang demikian itu" Mereka menjawab, "Kami mengakui." Allah berfirman, "Kalau begitu, ber- saksilah kamu (para nabi) dan Aku men jadi saksi (pula) bersama kamu."
82. Siapa yang berpaling setelah itu, mereka itulah orang orang fasik.
-82
Islam sebagai Agama yang Diridai Allah
83. Mengapa mereka mencari agama selain
-83
berserah diri, baik dengan suka maupun
104) Para nabi berjanji kepada Allah Swt. bahwa apabila datang seorang rasul bernama Muhammad, mereka akan beriman kepadanya dan menolongnya. Perjanjian para nabi ini mengikat pula umatnya.
JUZ 3 81 3. ALI 'IMRAN
84. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Kami
-84
beriman kepada Allah dan pada apa
yang diturunkan kepada kami dan yang
diturunkan kepada Ibrahim, Ismail,
Ishaq, Ya'qub beserta anak cucunya, dan
serta para nabi dari Tuhan mereka. Kami
tidak membeda-bedakan seorang pun
di antara mereka dan hanya kepada Nya kami berserah diri."
85. Siapa yang mencari agama selain Islam,
sekali-kali (agamanya) tidak akan di-
-85
terima darinya dan di akhirat dia ter masuk orang orang yang rugi.
Macam-Macam Orang Kafir dalam Hal
Bertobat
86. Bagaimana (mungkin) Allah akan mem
beri petunjuk kepada suatu kaum yang
-86
kufur setelah mereka beriman dan me
benar dan bukti-bukti yang jelas telah sampai kepada mereka Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.
87. Mereka itu, balasannya adalah ditimpa laknat Allah, para malaikat, dan manusia seluruhnya.
-87
88. Mereka kekal di dalamnya (laknat). Tidak
-88
mereka tidak diberi penangguhan,
89. kecuali orang orang yang bertobat setelah itu dan memperbaiki (dirinya).
-89
Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
90. Sesungguhnya orang orang yang kufur setelah beriman, kemudian bertambah
-90
kekufurannya, tidak akan diterima tobat-
nya dan mereka itulah orang orang sesat.
91. Sesungguhnya orang orang yang kufur
dan mati sebagai orang-orang kafir tidak
-91
3. ALI 'IMRAN 82 JUZ 4
akan diterima (tebusan) dari seseorang di
sepenuh bumi, sekiranya dia hendak menebus diri dengannya. Mereka itulah orang orang yang mendapat azab yang pedih dan tidak ada penolong bagi mereka.
Kebajikan yang Sempurna
JUZ 4
92. Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya.
-92
Bantahan terhadap Tuduhan Ahlulkitab
tentang Makanan dan Kiblat
93. Semua makanan halal bagi Bani Israil, kecuali makanan yang diharamkan
-93
Muhammad), "Bawalah Taurat lalu ba calah, jika kamu orang orang yang be nar."
94. Maka, siapa yang mengada adakan ke
-94
bohongan terhadap Allah106) setelah itu, mereka itulah orang orang zalim.
95. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Maha
-95
ikutilah agama Ibrahim yang hanif dan dia tidaklah termasuk orang-orang musyrik.
96. Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah
-96
105) Setelah Taurat diturunkan, ada beberapa makanan yang diharamkan bagi mereka sebagai hukuman (lihat
surah an-Nisa'/4: 160 dan al-An'am/6: 146).
106) Kebohongan terhadap Allah Swt. ialah pernyataan bahwa sebelum Taurat diturunkan, Allah Swt. telah mengharamkan beberapa makanan kepada Bani Israil.
JUZ 4 83 3. ALI 'IMRAN
(Makkah)107 yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.
97. Di dalamnya terdapat tanda tanda yang
-97
jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim.108)
Siapa yang memasukinya (Baitullah),
maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban
manusia terhadap Allah adalah me
laksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu
bagi) orang yang mampu109) mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang meng ingkari (kewajiban haji), maka sesung guhnya Allah Mahakaya (tidak memer- lukan sesuatu pun) dari seluruh alam.
Keingkaran Ahlulkitab terhadap Agama Islam
98. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Wahai Ahlulkitab, mengapa kamu terus menerus mengingkari ayat ayat Allah, padahal Allah Maha Menyaksikan apa yang kamu kerjakan"
-98
99. Katakanlah (Nabi Muhammad), "Wahai
-99
Ahlulkitab, mengapa kamu terus me nerus menghalang halangi orang orang
yang beriman dari jalan Allah Kamu (memang) menghendakinya (jalan Allah itu) menjadi bengkok, sedangkan kamu menyaksikan.110) Allah tidak lengah ter- hadap apa yang kamu kerjakan."
Perintah untuk Beriman, Bertakwa, Berpegang Teguh pada Agama Allah, dan Berdakwah
100. Wahai orang orang yang beriman, jika
-100
akan mengembalikan kamu menjadi
orang-orang kafir setelah beriman.
107) Ahlulkitab mengatakan bahwa rumah ibadah yang pertama dibangun adalah yang berada di Baitulmaqdis. Oleh karena itu, Allah Swt. membantahnya karena yang benar adalah yang ada di Makkah.
108) Lihat catatan kaki surah al-Baqarah/2: 125.
109) Kriteria mampu adalah sanggup mendapatkan perbekalan, alat transportasi, sehat jasmani, perjalanan
aman, dan keluarga yang ditinggalkan terjamin kehidupannya.
110) Maksud menyaksikan adalah mengetahui bahwa agama yang diridai Allah Swt. adalah agama Islam.
3. ALI 'IMRAN 84 JUZ 4
101. Bagaimana kamu (sampai) menjadi
kafir, padahal ayat-ayat Allah dibaca-
-101
kan kepada kamu dan Rasul Nya (Nabi
Muhammad) pun berada di tengah
tengah kamu Siapa yang berpegang
teguh pada (agama) Allah, sungguh dia telah diberi petunjuk ke jalan yang lurus.
102. Wahai orang orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan
-102
sebenar benar takwa kepada Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.
103. Berpegangteguhlah kamu semuanya
-103
pada tali (agama) Allah, janganlah ber
cerai berai, dan ingatlah nikmat Allah
kepadamu ketika kamu dahulu ber-
musuhan, lalu Allah mempersatukan
hatimu sehingga dengan karunia-Nya
kamu menjadi bersaudara. (Ingatlah
pula ketika itu) kamu berada di tepi
jurang neraka, lalu Allah menyelamat kan kamu dari sana. Demikianlah Allah menerangkan ayat ayat Nya kepadamu agar kamu mendapat pe tunjuk.
104. Hendaklah ada di antara kamu se
-104
pada kebajikan, menyuruh (berbuat)
yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar.111) Mereka itulah orang orang yang beruntung.
105. Janganlah kamu menjadi seperti
-105
orang orang yang bercerai berai dan berselisih setelah sampai kepada mereka keterangan yang jelas. Mereka itulah orang orang yang mendapat azab yang sangat berat.
111) Makruf adalah segala kebaikan yang diperintahkan oleh agama serta bermanfaat untuk kebaikan individu dan masyarakat. Mungkar adalah setiap keburukan yang dilarang oleh agama serta merusak kehidupan individu dan masyarakat.
JUZ 4 85 3. ALI 'IMRAN
Perbedaan Nasib Orang Mukmin dan
Orang Kafir di Akhirat
106. (Azab itu terjadi) pada hari ketika ada
-106
wajah yang putih berseri dan ada pula
wajah yang hitam kusam. Adapun
kusam (kepada mereka dikatakan), "Mengapa kamu kafir setelah ber- iman Oleh karena itu, rasakanlah azab yang disebabkan kekafiranmu."
107. Adapun orang orang yang berwajah putih berseri, mereka berada dalam rahmat Allah (surga). Mereka kekal di dalamnya.
-107
108. Itulah ayat ayat Allah yang Kami baca
-108
kan kepadamu dengan benar dan tidak-
lah Allah berkehendak melakukan ke zaliman pada semesta alam.
109. Milik Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan hanya kepada
-109
Umat Islam sebagai Umat Terbaik
110. Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (selama)
-110
kamu menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, dan
beriman kepada Allah. Seandainya
Ahlulkitab beriman, tentulah itu lebih
baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang orang fasik.
111. Mereka tidak akan membahayakanmu,
kecuali gangguan gangguan kecil saja.
-111
Jika mereka memerangi kamu, niscaya
mereka berbalik ke belakang (kalah), kemudian mereka tidak mendapat per- tolongan.
Kehinaan Ahlulkitab
112. Kehinaan ditimpakan kepada mereka di
-112
mana saja mereka berada, kecuali jika
mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan
3. ALI 'IMRAN 86 JUZ 4
manusia. Mereka pasti mendapat murka
kan kepada mereka. Yang demikian
ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas.
Keutamaan Ahlulkitab yang Masuk Islam
113. Mereka tidak sama. Di antara Ahlulkitab ada golongan yang lurus.112) Mereka membaca ayat ayat Allah pada malam hari dalam keadaan bersujud (salat).
114. Mereka beriman kepada Allah dan
-113
-114
hari Akhir, menyuruh (berbuat) yang
makruf, mencegah dari yang mungkar, dan bersegera (mengerjakan) berbagai kebajikan. Mereka itu termasuk orang orang saleh.
115. Kebaikan apa pun yang mereka kerja kan, mereka tidak akan dihalangi dari (pahala) nya. Allah Maha Mengetahui orang orang bertakwa.
Harta dan Anak Tidak Akan Dapat Menolong Seseorang di Akhirat
-115
116. Sesungguhnya orang orang yang kufur,
-116
sedikit pun tidak dapat menolak (azab)
Allah. Mereka itu penghuni neraka.
Mereka kekal di dalamnya.
117. Perumpamaan harta yang mereka
-117
infakkan di dalam kehidupan dunia ini adalah ibarat angin yang mengandung
hawa sangat dingin yang menimpa tanaman (milik) suatu kaum yang
menzalimi diri sendiri, lalu (angin itu)
merusaknya. Allah tidak menzalimi mereka, tetapi mereka yang menzalimi diri sendiri.
112) Yaitu Ahlulkitab yang telah memeluk agama Islam.
JUZ 4 87 3. ALI 'IMRAN
Larangan Menjadikan Orang Kafir sebagai
Teman Kepercayaan
118. Wahai orang orang yang beriman,
-118
percayaan dari orang orang di luar
tidak henti-hentinya (mendatangkan)
kemudaratan bagimu. Mereka meng
inginkan apa yang menyusahkanmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka dan apa yang mereka sembunyikan dalam hati lebih besar. Sungguh, Kami telah menerangkan kepadamu ayat ayat (Kami), jika kamu berpikir.
119. Begitulah kamu. Kamu menyukai
-119
nyukaimu, dan kamu beriman pada
semua kitab. Apabila mereka berjumpa
denganmu, mereka berkata, "Kami beriman." Apabila mereka menyendiri,
mereka menggigit ujung jari karena murka kepadamu. Katakanlah, "Mati lah kamu karena kemurkaanmu itu!" Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.
120. Jika kamu memperoleh kebaikan,
(niscaya) mereka bersedih hati. Ada-
-120
pun jika kamu tertimpa bencana,
kamu bersabar dan bertakwa, tidaklah tipu daya mereka akan menyusahkan kamu sedikit pun. Sesungguhnya Allah Maha Meliputi segala yang mereka kerjakan.
Perang Uhud
121. (Ingatlah) ketika engkau (Nabi Muham-
-121
ninggalkan keluargamu untuk mengatur orang orang mukmin pada pos pos per tempuran.113) Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
113) Peristiwa ini terjadi pada Perang Uhud pada tahun ke-3 H.
3. ALI 'IMRAN 88 JUZ 4
122. (Ingatlah) ketika dua golongan dari pihak kamu114) ingin (mundur) karena takut, padahal Allah adalah penolong mereka. Oleh karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang orang mukmin bertawakal.
-122
123. Sungguh, Allah benar benar telah me
-123
nolong kamu dalam Perang Badar,
padahal kamu (pada saat itu) adalah orang orang lemah.115) Oleh karena itu, bertakwalah kepada Allah agar kamu bersyukur.
124. (Ingatlah) ketika engkau (Nabi Muham-
-124
mukmin, "Apakah tidak cukup bagimu bahwa Tuhanmu membantumu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan (dari langit)"
125. "Ya (cukup)." Jika kamu bersabar dan
-125
bertakwa, lalu mereka datang menye
rang kamu dengan tiba-tiba, niscaya
Allah menolongmu dengan lima ribu
malaikat yang memakai tanda.
126. Allah tidak menjadikannya (pertolong-
-126
an itu) kecuali hanya sebagai kabar gembira bagi (kemenangan) mu dan agar hatimu tenang karenanya. Tidak
ada kemenangan selain dari Allah Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.
127. (Hal itu dilakukan) untuk membinasa
-127
kan segolongan orang yang kufur116)
atau untuk menjadikan mereka hina sehingga mereka kembali tanpa mem peroleh apa pun.
128. Hal itu sama sekali bukan menjadi urusanmu (Nabi Muhammad),117) apa
-128
114) Kedua golongan itu adalah Bani Salamah dari suku Khazraj dan Bani Harisah dari suku Aus yang sama sama menjadi bagian dari barisan kaum muslim.
115) Perang Badar terjadi ketika umat Islam jumlahnya sedikit dan perlengkapan perangnya kurang.
116) Maksudnya adalah bahwa tujuh puluh pemimpin kafir terbunuh dan tujuh puluh orang lainnya ditawan.
117) Menurut riwayat al Bukhari, ayat ini turun karena Nabi Muhammad saw. berdoa kepada Allah Swt. agar menyelamatkan sebagian pemuka kaum musyrik dan membinasakan sebagian lainnya.
JUZ 4 89 3. ALI 'IMRAN
kah Allah menerima tobat mereka atau mengazabnya karena sesungguhnya mereka orang orang zalim.
129. Milik Allahlah segala yang ada di
-129
langit dan segala yang ada di bumi.
Dia mengampuni siapa yang Dia ke hendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Larangan Riba
130. Wahai orang orang yang beriman,
-130
berlipat ganda118) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.
131. Lindungilah dirimu dari api neraka yang
disediakan bagi orang-orang kafir.
-131
132. Taatilah Allah dan Rasul (Nabi Muham-
mad) agar kamu diberi rahmat.
-132
Sifat-Sifat Orang yang Bertakwa
133. Bersegeralah menuju ampunan dari Tuhanmu dan surga (yang) luasnya (seperti) langit dan bumi yang di- sediakan bagi orang orang yang ber takwa,
-133
134. (yaitu) orang orang yang selalu ber
-134
infak, baik di waktu lapang maupun
sempit, orang orang yang mengendali kan kemurkaannya, dan orang orang yang memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah mencintai orang orang yang berbuat kebaikan.
135. Demikian (juga) orang orang yang
-135
apabila mengerjakan perbuatan keji
atau menzalimi diri sendiri,119) mereka (segera) mengingat Allah lalu memohon
118 Riba dalam ayat ini dimaksudkan sebagai utang-piutang yang ketika tidak bisa dibayar pada waktu jatuh tempo, pengutang diberi tambahan waktu, tetapi dengan ganti berupa penambahan jumlah yang harus dilunasinya. Menurut para ulama, riba nasiah ini haram, walaupun jumlah penambahannya tidak berlipat ganda.
119) Perbuatan keji (faisyah) adalah dosa besar yang akibatnya tidak hanya menimpa diri sendiri, tetapi juga menimpa orang lain seperti zina dan riba. Adapun yang dimaksud dengan menzalimi diri sendiri adalah perbuatan dosa yang akibatnya hanya menimpa diri sendiri, baik besar maupun kecil.
3. ALI 'IMRAN 90 JUZ 4
ampunan atas dosa dosanya. Siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa dosa selain Allah Mereka pun tidak meneruskan apa yang mereka kerjakan (perbuatan dosa itu) sedangkan mereka mengetahui( nya).
136. Mereka itu balasannya adalah ampunan
-136
dari Tuhan mereka dan surga surga
yang mengalir di bawahnya sungai
(Itulah) sebaik baik pahala bagi orang orang yang mengerjakan (amal amal saleh).
Hikmah Kekalahan pada Perang Uhud
137. Sungguh, telah berlalu sebelum kamu
sunah sunah (Allah).120) Oleh karena
-137
itu, berjalanlah di (segenap penjuru) bumi dan perhatikanlah bagaimana ke- sudahan para pendusta (rasul rasul).
138. Inilah (Al Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, petunjuk, dan pelajaran bagi orang orang yang bertakwa.
-138
139. Janganlah kamu (merasa) lemah dan
jangan (pula) bersedih hati, padahal
-139
kamu paling tinggi (derajatnya) jika
kamu orang orang mukmin.
140. Jika kamu (pada Perang Uhud) men
-140
dapat luka, maka mereka pun (pada
Perang Badar) mendapat luka yang
serupa. Masa (kejayaan dan kehancur
an) itu Kami pergilirkan di antara manusia (agar mereka mendapat pe lajaran) dan Allah mengetahui orang orang beriman (yang sejati) dan se- bagian kamu dijadikan Nya (gugur sebagai) syuhada. Allah tidak menyukai orang orang zalim.
141. (Pergiliran tersebut juga) agar Allah membersihkan orang orang yang ber
-141
120) Yang dimaksud dengan sunah Allah Swt. di sini adalah kehendak dan hukum Allah Swt. yang berlaku dalam kehidupan manusia.
JUZ 4 91 3. ALI 'IMRAN
iman (dari dosa mereka) dan mem
binasakan orang-orang kafir.
142. Apakah kamu mengira akan masuk
-142
surga, padahal belum nyata bagi Allah
orang orang yang berjihad121) di antara
kamu dan belum nyata pula orang orang yang sabar.
143. Sungguh, kamu benar benar meng harapkan mati (syahid) sebelum kamu menghadapinya (peperangan). Maka, (sekarang) kamu sungguh telah me lihat (peperangan itu) dan menyak sikan (kematian).
-143
Menyikapi Berita Wafatnya Rasulullah
144. (Nabi) Muhammad hanyalah seorang
-144
(murtad) Siapa yang berbalik ke
belakang, maka ia tidak akan men-
datangkan mudarat kepada Allah se
dikit pun. Allah akan memberi balasan kepada orang orang yang bersyukur.
145. Setiap yang bernyawa tidak akan mati, kecuali dengan izin Allah sebagai
-145
ketetapan yang telah ditentukan
waktunya. Siapa yang menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan
kepadanya pahala (dunia) itu dan siapa
yang menghendaki pahala akhirat, niscaya Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu. Kami akan mem beri balasan kepada orang orang yang bersyukur.
121) Lihat catatan kaki surah al-Baqarah/2: 218.
122) Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah Swt. Para rasul sebelumnya telah wafat. Oleh karena itu, Nabi Muhammad saw. juga akan wafat seperti halnya para rasul terdahulu. Pada waktu perang Uhud berkecamuk, tersiar berita bahwa Nabi Muhammad saw. wafat terbunuh. Berita ini mengacaukan umat Islam sehingga ada yang ingin meminta pelindungan Abu Sufyan (pemimpin kaum Quraisy). Sementara itu, orang-orang munafik mengatakan bahwa kalau Muhammad saw. itu betul seorang Nabi, tentu tidak akan wafat terbunuh. Maka, Allah Swt. menurunkan ayat ini untuk menenteramkan kaum muslim dan membantah perkataan orang munafik.
3. ALI 'IMRAN 92 JUZ 4
146. Betapa banyak nabi yang berperang
-146
didampingi sejumlah besar dari pe
ngikut( nya) yang bertakwa. Mereka
yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat, dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah men cintai orang orang yang sabar.
147. Tidak lain ucapan mereka kecuali doa,
-147
"Ya Tuhan kami, ampunilah dosa dosa
kami dan tindakan-tindakan kami yang
tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
148. Maka, Allah menganugerahi mereka
-148
balasan (di) dunia124) dan pahala yang
baik (di) akhirat. Allah mencintai orang orang yang berbuat kebaikan.
Larangan Menaati Orang Kafir dan Penyebab Kekalahan pada Perang Uhud
149. Wahai orang orang yang beriman, jika
-149
kamu menaati orang-orang yang kufur,
niscaya mereka akan mengembalikan
kamu ke belakang (murtad). Akibatnya,
kamu akan kembali dalam keadaan merugi.
150. Namun, (hanya) Allahlah pelindungmu dan Dia penolong yang terbaik.
151. Kami akan memasukkan rasa takut ke
-150
-151
dalam hati orang-orang yang kufur ka-
rena mereka mempersekutukan Allah
dengan sesuatu yang Allah tidak me-
nurunkan keterangan tentangnya. Tem pat kembali mereka adalah neraka. (Itulah) seburuk-buruk tempat tinggal (bagi) orang orang zalim.
152. Sungguh, Allah benar benar telah me
menuhi janji-Nya kepadamu ketika
-152
123) Tindakan yang berlebihan adalah sikap melampaui batas batas hukum yang telah ditetapkan Allah Swt.
124) Pahala dunia dapat berupa kemenangan, harta rampasan, pujian, dan lain lain.
JUZ 4 93 3. ALI 'IMRAN
kamu membunuh mereka dengan izin
keadaan) lemah, berselisih dalam urusan itu,125) dan mengabaikan (pe
rintah Rasul) setelah Allah memper
lihatkan kepadamu apa yang kamu
sukai.126) Di antara kamu ada orang yang
ada (pula) orang yang menghendaki akhirat. Kemudian, Allah memalingkan kamu dari mereka127) untuk menguji mu. Sungguh, Dia benar benar telah memaafkan kamu. Allah mempunyai karunia (yang diberikan) kepada orang orang mukmin.
153. (Ingatlah) ketika kamu lari dan tidak
-153
menoleh kepada siapa pun, sedangkan
Rasul (Muhammad) memanggilmu dari
belakang. Oleh karena itu, Allah me
nimpakan kepadamu kesedihan demi
kesedihan128) agar kamu tidak bersedih hati (lagi) terhadap apa yang luput
dari kamu dan terhadap apa yang me
nimpamu. Allah Mahateliti terhadap apa
yang kamu kerjakan.
Anugerah Allah pada Perang Uhud
154. Setelah kamu ditimpa kesedihan, ke-
-154
padamu (berupa) kantuk yang meliputi
golongan lagi130) telah mencemaskan diri
mereka sendiri. Mereka berprasangka
yang tidak benar terhadap Allah seperti
sangkaan jahiliah.131) Mereka berkata, "Adakah sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini" Katakanlah (Nabi
125) Berselisih dalam urusan Nabi berarti melaksanakan perintah Nabi Muhammad saw. agar regu pemanah tetap
bertahan pada tempat yang telah ditetapkan dalam keadaan bagaimanapun.
126) Yakni kemenangan dan harta rampasan.
127) Maksudnya adalah bahwa kaum muslim tidak berhasil mengalahkan mereka.
128) Kesedihan kaum muslim disebabkan ketidaktaatan mereka terhadap perintah Rasul yang berujung kekalahan
pada Perang Uhud.
129) Yakni orang orang Islam yang kuat keyakinannya.
130) Yakni orang orang Islam yang masih ragu ragu.
131) Yang dimaksud dengan sangkaan jahiliah adalah menganggap bahwa apabila Nabi Muhammad saw. itu
benar-benar utusan Allah Swt., tentu tidak akan terkalahkan atau terbunuh dalam peperangan.
3. ALI 'IMRAN 94 JUZ 4
Muhammad), "Sesungguhnya segala urusan itu di tangan Allah." Mereka me
nyembunyikan dalam hatinya apa yang
tidak mereka terangkan kepadamu.
Mereka berkata, "Seandainya ada se
urusan ini, niscaya kami tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini." Katakanlah (Nabi Muhammad), "Seandainya kamu
ada di rumahmu, niscaya orang orang yang telah ditetapkan akan mati ter- bunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh." Allah (berbuat demikian) untuk menguji yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui segala isi hati.
155. Sesungguhnya orang orang yang ber
-155
paling di antara kamu pada hari ketika
dua pasukan bertemu,132) sesung
guhnya mereka hanyalah digelincir kan oleh setan disebabkan sebagian kesalahan (dosa) yang telah mereka perbuat. Allah benar benar telah memaafkan mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.
Penanaman Semangat Juang dan Pahala
Matis Syahid
156. Wahai orang orang yang beriman,
-156
janganlah seperti orang-orang yang
kufur dan berbicara tentang saudara
saudaranya, apabila mereka meng
adakan perjalanan di bumi atau ber
perang, "Seandainya mereka tetap
bersama kami, tentulah mereka tidak
mati dan tidak terbunuh." (Allah mem-
biarkan mereka bersikap demikian) karena Allah hendak menjadikan itu (kelak) sebagai penyesalan di hati mereka. Allah menghidupkan dan me matikan. Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.
132) Yaitu pasukan kaum muslim dan pasukan kaum musyrik dalam Perang Uhud.
JUZ 4 95 3. ALI 'IMRAN
157. Sungguh, jika kamu gugur di jalan Allah
-157
atau mati,133) pastilah ampunan Allah
dan rahmat Nya lebih baik (bagimu) daripada apa (harta rampasan) yang mereka kumpulkan.
158. Sungguh, jika kamu mati atau gugur, pastilah kepada Allah kamu di- kumpulkan.
Akhlak Rasulullah dan Sifat yang Harus
-158
159. Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah
-159
lembut terhadap mereka. Seandainya
engkau bersikap keras dan berhati
kasar, tentulah mereka akan menjauh dari sekitarmu. Oleh karena itu, maaf kanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarah
lah dengan mereka dalam segala
urusan (penting). Kemudian, apabila
engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesung guhnya Allah mencintai orang orang yang bertawakal.
160. Jika Allah menolongmu, tidak ada yang
(dapat) mengalahkanmu dan jika Dia
-160
membiarkanmu (tidak memberimu
pertolongan), siapa yang (dapat) me
nolongmu setelah itu Oleh karena itu, hendaklah kepada Allah saja orang orang mukmin bertawakal.
Rasulullah Terpelihara dari Sifat Tercela
161. Tidak layak seorang nabi menyeleweng
-161
pada hari Kiamat dia akan datang membawa apa yang diselewengkannya itu. Kemudian, setiap orang akan diberi balasan secara sempurna sesuai apa yang mereka lakukan dan mereka tidak dizalimi.
133) Maksudnya adalah meninggal di jalan Allah Swt. bukan karena peperangan.
3. ALI 'IMRAN 96 JUZ 4
162. Apakah orang yang mengikuti (jalan)
rida Allah sama dengan orang yang
-162
kembali dengan membawa kemurkaan
dari Allah dan tempatnya adalah
(neraka) Jahanam Itulah seburuk buruk tempat kembali.
163. Mereka bertingkat-tingkat di sisi Allah. Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.
-163
164. Sungguh, Allah benar benar telah mem
-164
beri karunia kepada orang orang mukmin
ketika (Dia) mengutus di tengah-tengah
mereka seorang Rasul (Muhammad)
dari kalangan mereka sendiri yang mem bacakan kepada mereka ayat ayat Nya,
menyucikan (jiwa) mereka, dan meng ajarkan kepada mereka Kitab Suci (Al Qur'an) dan hikmah. Sesungguhnya mereka sebelum itu benar benar dalam kesesatan yang nyata.
Beberapa Sifat Orang Munafik
165. Apakah ketika kamu ditimpa musibah
-165
(kekalahan pada Perang Uhud), padahal kamu telah memperoleh (kenikmatan)
kamu berkata, "Dari mana datangnya (kekalahan) ini" Katakanlah, "Itu dari (kesalahan) dirimu sendiri." Sesung guhnya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
166. Apa yang menimpa kamu pada hari ketika dua pasukan bertemu terjadi atas izin Allah dan agar Dia mengetahui siapa orang (yang benar benar) ber iman
-166
167. dan mengetahui orang orang yang
-167
munafik. Dikatakan kepada mereka,
"Marilah berperang di jalan Allah atau
pertahankanlah (dirimu)." Mereka
menjawab, "Seandainya kami menge tahui (bagaimana cara) berperang, tentulah kami mengikutimu." Mereka
JUZ 4 97 3. ALI 'IMRAN
pada hari itu lebih dekat pada keku
ngatakan dengan mulutnya sesuatu yang tidak ada dalam hatinya. Allah lebih mengetahui segala sesuatu yang mereka sembunyikan.
168. (Mereka itu adalah) orang orang yang
berbicara tentang saudara saudaranya
-168
(yang ikut berperang dan terbunuh), sedangkan mereka sendiri tidak turut berperang, "Seandainya mereka me ngikuti kami, tentulah mereka tidak terbunuh." Katakanlah, "Cegahlah ke matian itu dari dirimu jika kamu orang- orang benar."
Keutamaan Para Syuhada
169. Jangan sekali kali kamu mengira bahwa orang orang yang gugur di jalan Allah itu
-169
-170 karunia dengan bergembira Mereka 170.
yang Allah anugerahkan kepadanya
dan bergirang hati atas (keadaan) orang-
orang yang berada di belakang yang
belum menyusul mereka,135) yaitu bahwa
tidak ada rasa takut pada mereka dan
mereka tidak bersedih hati.
171. Mereka bergirang hati dengan nikmat
-171
dan karunia dari Allah dan bahwa se
sungguhnya Allah tidak menyia-nyia-
kan pahala orang orang mukmin,
172. (yaitu) orang orang yang memenuhi
-172
(seruan) Allah dan Rasul setelah mereka menderita luka luka (dalam
buat kebaikan dan bertakwa di antara mereka akan mendapat pahala yang sangat besar,
134) Maksudnya adalah hidup di alam yang lain, bukan di alam dunia. Mereka mendapatkan berbagai kenikmatan di sisi Allah Swt. Hanya Allah Swt. lah yang mengetahui bagaimana keadaan hidup di alam lain itu.
135) Maksudnya adalah teman temannya yang masih hidup dan tetap berjihad di jalan Allah Swt.
3. ALI 'IMRAN 98 JUZ 4
173. (yaitu) mereka yang (ketika ada) orang-
-173
guhnya orang orang (Quraisy) telah
mengumpulkan (pasukan) untuk (me
nyerang) kamu. Oleh karena itu, takutlah kepada mereka," ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik baik pelindung."
174. Mereka kembali dengan nikmat dan
-174
karunia dari Allah. Mereka tidak di- timpa suatu bencana dan mereka mengikuti (jalan) rida Allah. Allah mempunyai karunia yang besar.
175. Sesungguhnya mereka hanyalah setan
yang menakut-nakuti (kamu) dengan
-175
teman-teman setianya.136) Oleh karena itu, janganlah takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada Ku, jika kamu orang orang mukmin.
Allah Menenteramkan Hati Nabi
Muhammad
176. Janganlah engkau (Nabi Muhammad) dirisaukan oleh orang orang yang
-176
dengan cepat melakukan kekufuran.
Sesungguhnya sedikit pun mereka
tidak merugikan Allah. Allah tidak akan memberi bagian (pahala) kepada mereka di akhirat dan mereka akan mendapat azab yang sangat besar.
177. Sesungguhnya orang orang yang mem
-177
beli kekufuran dengan iman sedikit
pun tidak merugikan Allah dan akan
mendapat azab yang sangat pedih.
178. Jangan sekali-kali orang-orang kafir me-
-178
ngira bahwa sesungguhnya tenggang
waktu yang Kami berikan kepadanya137) baik bagi dirinya. Sesungguhnya Kami
136) Lihat catatan kaki surah Ali 'Imran/3: 28.
137) Maksudnya adalah jangan mengira bahwa usia yang panjang bagi orang kafir itu baik. Jika tidak digunakan
untuk beramal saleh, makin panjang usia, makin buruk baginya.
JUZ 4 99 3. ALI 'IMRAN
memberinya tenggang waktu hanya agar dosa mereka makin bertambah dan mereka akan mendapat azab yang menghinakan.
179. Allah tidak akan membiarkan orang-
-179
(tetapi Allah akan mengujinya) se
hingga Dia membedakan yang buruk
dari yang baik.139) Allah tidak akan
memperlihatkan kepadamu hal hal
yang gaib,140) tetapi Allah memilih siapa yang Dia kehendaki di antara
rasul rasul Nya.141) Oleh karena itu,
rasul Nya. Jika kamu beriman dan ber takwa, kamu akan mendapat pahala yang sangat besar.
Balasan terhadap Orang Kikir dan Pendusta
180. Jangan sekali kali orang orang yang kikir
-180
itu baik bagi mereka. Sebaliknya, (ke kikiran) itu buruk bagi mereka. Pada hari Kiamat, mereka akan dikalungi dengan sesuatu yang dengannya mereka
berbuat kikir. Milik Allahlah warisan
(yang ada di) langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan.
Ancaman Allah kepada Orang-Orang Musyrik
181. Sungguh, Allah benar benar telah men
-181
yang mengatakan, "Sesungguhnya Allah itu miskin dan kami kaya." Kami
138) Maksudnya adalah keadaan kaum muslim campur baurnya kaum muslim dengan kaum munafik.
139) Dalam Perang Uhud, Allah Swt. membedakan antara orang baik (umat Islam) dan orang yang buruk (kaum
munafik).
140) Di antara yang gaib adalah pengetahuan tentang keimanan dan kemunafikan seseorang.
141) Di antara orang yang Allah Swt. kehendaki untuk dapat mengetahui kemunafikan dalam hati seseorang ada-
lah Nabi Muhammad saw.
3. ALI 'IMRAN 100 JUZ 4
akan mencatat perkataan mereka dan pembunuhan terhadap nabi nabi yang mereka l